Home / Nasional / H EKA : BPBD BUKAN HANYA PENANGGULANGAN SAAT BENCANA, TETAPI JUGA PENCEGAHAN DAN PERSIAPAN SEBELUM TERJADI

H EKA : BPBD BUKAN HANYA PENANGGULANGAN SAAT BENCANA, TETAPI JUGA PENCEGAHAN DAN PERSIAPAN SEBELUM TERJADI

 

H EKA : BPBD BUKAN HANYA PENANGGULANGAN SAAT BENCANA, TETAPI JUGA PENCEGAHAN DAN PERSIAPAN SEBELUM TERJADI

Bekasi,www.metroaktualjabar.com

Musibah banjir memasuki musim penghujan di Kabupaten Bekasi harus segera di antisipasi, dan untuk itu Bupati Kab Bekasi H Eka Surya Atmaja SH turun langsung dan menggelar apel siaga bencana di perumahan Graha Prima Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan Kab Bekasi, Sabtu ( 14/11/2020).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa dalam mengantisipasi bencana sangat di perlukan kolaborasi dan sinergitas guna memberikan respons cepat pada setiap informasi kejadian bencana, sehingga segera di respon cepat dan antisipasi dengan baik, setiap kejadian.

“Saya sangat berterima kasih kepada jajaran yang hadir baik itu unsur-unsur pemerintah Kabupaten Bekasi, Kecamatan, Desa dan, Kelurahan. Ini menunjukkan kolaborasi dan sinergitas memastikan semua dalam kondisi siap,” Ujar Bupati dalam sambutannya.

Lanjut, Bupati Eka juga menekankan perlunya upaya preventif sebelum terjadinya bencana. Salah satu contohnya dengan bergotong-royong membersihkan saluran air agar aliran air lancar dan tidak menyebabkan genagan.

Maka itu Bupati terus mengingatkan kepada BPBD, seluruh Camat, Kepala Desa Kelurahan dan seluruh elemen masyarakat harus melakukan pemantauan intensif terhadap wilayahnya masing-masing.
Seperti pemantauan pada tali-tali air dan saluran yang belum optimal untuk kemudian sektor Suku Dinas yang terkait agar melakukan penyelesaian atau perbaikan.

Bupati juga menambahkan dalam acara tersebut agar dengan pekan gotong royong Bekasi bebas banjir, dan pengukuhan satgas penanganan permasalahan lingkungan hidup, pencanangan pengurangan penggunaan bahan plastik dan pencanangan sejuta lubang biografi di wilayah Kabupaten Bekasi, semoga dapat mengurangi bencana banjir di kemudian hari.

personel gabungan di 23 Kecamatan Se-Kabupaten Bekasi, mengikuti apel kesiapsiagaan bencana di lapangan perumahan graha prima, Desa. Mangun jaya, Kecamatan Tambun Selatan.

Hal senada juga di katakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Bekasi H Hasan mengatakan kepada media bahwa untuk mengantisipasi musibah, telah memetakan sejumlah lokasi rawan bencana dan terus berupaya untuk mengantisipasinya.Karena menurutnya bencana seringkali datang tanpa diduga dan diprediksi sehingga perlu kesiapsiagaan semua pihak.

Maka itu H Hasan menekankan bahwa fungsi Badan Penanggulanangan Bencana Daerah ( BPBF) tidak hanya menanggulangi saat terjadinya bencana, tapi upaya preventif atau pengurangan dampak saat terjadi bencana.

” Turun langsung Bupati Kab Bekasi dalam apel siaga, tentulah bukti keseriusan Pemerintah dalam mengantisipasi sebelum kejadian, dan sebagai kepala BPBD siap melaksanakan, ” Ujar H Hasan.

Lanjut Hasan juga menambahkan bahwa semua bersatu dalam rangka ikut membantu penanganan antisipasi banjir seperti pembersihan sungai dari sampah sampah dan menormalisasi sedimen lumpur yang sudah meninggi agar menjadi lancar aliran airnya saat musim penghujan, Selain itu di 22 kecamatan secara serentak melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah nya masing masing dengan muspika , kades rt rw tokoh masyarakat Dan elemen masyarakat lain serta para perangkat daerah yang belum bergabung diarahkan untuk bergabung

Hadir dalam acara tersebut Bupati (H.Eka Supria Atmaja, S.H) , Danrem Wijayakarta,

-Kapolres (Kombes pol. Hendra Gunawan) -Dandim 0509/Bks (Letkol Kav. Tovan Tri Anggoro, B.S.), Ketua DPRD Kab.Bekasi (HM.BN Holik Qodratulloh, SE, M.Si), Kepala Kejaksaan Negri Kab. Bekasi (Mayahudian Suryandari,S.H.,LL.M), Bappeda. Dinas bina marga dan sumber daya air,.Dinas Lingkungan hidup Perangkat kecamatan , Desa , undangan juga masyarakat.( edi yp)

About adminMetro2%$

Check Also

LAN KAB BEKASI HADIRKAN BRIGJEN POL DR VICTOR NARSUM UTAMA Sosialisasi Penyuluhan Bahaya Narkoba Di Yayasan Pondok Pesantren Halqoh El-Istigosah

Share this on WhatsAppLAN KAB BEKASI HADIRKAN BRIGJEN POL DR VICTOR NARSUM UTAMA Sosialisasi Penyuluhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *