Home / Nasional / Budidaya Ikan Toman Sangat Menjanjikan

Budidaya Ikan Toman Sangat Menjanjikan

Kapuas hulu-, Budidaya ikan yang sangat populer dikapuas hulu khususnya di pesisir Kapuas yaitu budidaya ikan toman.

Ikan toman ini salah satu ikan yang sangat faporit dikalangan masyarakat kapuas hulu dan ikan ini juga telah membawa perubahan perekonomian masyarakat khusus nya nelayan.

Harga ikan ini dikabupaten kapuas hulu harga mencapai 35-40 ribu rupiah per kilo gram dan kalau membeli langsung ke penangkaran harga hanya 28 ribu rupiah per kilo gram.

“Ikan ini bisa diolah menjadi ikan asin tapi kami nelayan rata rata menjual ikan ini dijual mentah belum dioleh ke tangkulak jelas,” Karyadi.

Saat ditemui awak media, Karyadi (38) kecamatan selimbau mengatakan kalau bisnis ikan ini sudah banyak bukti bukan sedikit orang kaya karena bisnis ikan ini.

Tapi sekarang nelayan yang budidaya ikan toman ini sudah mengeluh di samping pakan yang susah bibit nya juga susah karena belum ada terobosan terutama dari pemerintah untuk pemijahan ikan toman dan pengolahan pakan ikan toman.

Selama ini, kata Karyadi kami memberi pakan ikan dengan mencari ikan ikan kecil untuk dijadikan makanan ikan toman sekarang dengan kondisi alam yang semakin hari semakin tidak bersahabat sangat susah kami mencari pakan ikan maka dari itu saya sebagai nelayan berharap agar pemerintah bisa memberi solusi bagai mana cara menggantikan pakan ikan dan pemijahan khusus ikan toman ini,”  jelas Karyadi. (rajali)

About adminMetro2%$

Check Also

Kunjungi Ketua MUI Sulsel, Kapolri : Dukungan Ulama Sangat Penting Guna Menjaga Kamtibmas

Share this on WhatsAppKunjungi Ketua MUI Sulsel, Kapolri : Dukungan Ulama Sangat Penting Guna Menjaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *